CARA BERBICARA LANCAR DI DEPAN UMUM

Diposkan oleh abdul ghofur


PERTEMUAN KE V

CARA BERBICARA LANCAR DI DEPAN UMUM

Banyak berbagai hal yang dapat menyababkan seseorang merasa tidak nyaman ketika berbicara di depan umum, di antaranya adalah perasaan grogi, tidak siap dengan materi yang akan di sampaikan, dan lain sebagainya.
Tips-Tips Berbicara di Depan Umum :
A.      Menurut Lugwina Hananto ( Perencana Keuangan dan Pembicara Seminar )
1.       Perbanyak Latihan Persentasi, saat persentasi, kemampuan bicara menjadi perhatian utama. Karena dalam persentasi, kesiapan materi memegang 20% faktor kesuksesan dan 80% kemampuan public speaking.
2.       Latih Suara dan Diafragma, faktor terpenting dalam komunikasi lainnya salah satunya adalah intonasi suara bisa di latih secara alami.
3.       Walking The Talk, sebelum berbicara, kuasai dulu materinya, cara paling mudahadalah dengan menerapkan bahan pembicaraan pada diri sendiri.dengan begitu, lebih mudah meyakinkan orang lain berdasarkan pengalaman sendiri.
4.       Hindari Pembicaraan Yang Bukan Bidang Anda, maksudnya jika anda tidak menguasai materi yang akan di sampaikan, lebih baik hindari, sehingga percaya diri anda di depan audien akan selalu terjaga.
5.       Raih Kredibilitas, tak gampang untuk membangun image tentang siapa diri and sendiri. Caranya bersikaplah jujur dan terbuka.
6.       Bongkar Batas Formal, dengan audiensi yang setara kelompok usia dan status sosialnya, kita bisa menggunakan gaya bahasa sehari-hari. Sedangkan dengfan meraka yang lebih tua, gunakan gaya bicara yang lebih santun.
7.       Tempatkan Diri di Posisi Audiensi, di hada[pan audiensi dengan strata ekonomi lebih rendah, gunakan contoh-contoh yang sederhana, sesuai keadaan mereka. Jangan menerapkan gaya interaksi yang memojokan audiensi. Lebih baik ceritakan pengalaman negative diri sendiri.
8.       Pelajari Karakter Audiensi, ekspresi wajah audiensi yang lempeng bisa anda baca dengan mudah. Untuk menghadapinya, lemparkan sesuatu yang bergairah lebih dulu, sebagai teaser, gimmick atau ice breaking.
9.       Utamakan Keunungan Audiensi, pelajari agenda, misi dan tujuan acara sebelumnya menyiapkanm materi pembicaraan. Jangan hanya bicara dari sudut pandang anda, melainkan siapkan materi dari sudut pandang dan kepentingan audiensi.
10.   Jangan Gunakan Jargon, karena bahasa jargon belum menasional, justru akan membingungkan audiensi yang belum memgenalnya, sehingga meateri tidak akan sampai dengan tepat ke audiensi.
11.   Membuat Review Harian, belajar dari situ, ketika besok anda barada dalam situasi yang sama, anda tahu langkah antisipasi agar tidak melakukan kesalahan yang sama.
12.   Ikuti Kursus, siapa saja dan kapan saja yang mersa tidak nyaman saat berbicara, sering kehabisan kata-kata atau kurang percaya diri, ada baiknya ikut kursus public speaking.

0 komentar:

Poskan Komentar